let's smile This Blog is part of the U Comment I Follow movement in blogosphere.Means the comment field of this blog is made DOFOLLOW.Spam wont be tolerated.

Blogger Widgets

Join the movement and Get this widget

Blog d'informazione e cronaca sportiva

Blogger Indonesia
Latest News

Pengertian Minat

Sabtu, 21 Maret 2009 , Posted by Qym at 3/21/2009 11:59:00 AM

1 Pengertian Minat

Apabila seseorang menaruh perhatian terhadap sesuatu, maka minat akan menjadi motif yang kuat untuk berhubungan secara lebih aktif dengan sesuatu yang menarik minatnya. Minat akan semakin bertambah jika disalurkan dalam suatu kegiatan. Keterikatan dengan kegiatan tersebut akan semakin menumbuh kembangkan minat. Sesuai pendapat yang dikemukakan Hurlock (1990:144), “bahwa semakin sering minat diekspresikan dalam kegiatan maka semakin kuatlah ia”. Minat dapat menjadi sebab terjadinya suatu kegiatan dan hasil yang akan diperoleh. Minat adalah suatu pemusatan perhatian secara tidak sengaja yang terlahir dengan penuh kemauan, rasa ketertarikan, keinginan, dan kesenangan (Natawijaya, 1978:94)

Menurut Soesilowindradini (dalam Tuharjo,1989:13), “suatu kegiatan yang dilakukan tidak sesuai minat akan menghasilkan prestasi yang kurang menyenangkan”. Dapat dikatakan bahwa dengan terpenuhinya minat seseorang akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan batin yang dapat menimbulkan motivasi. Purnama (1994:15) menjabarkan karakteristik individu yang memiliki minat tinggi terhadap sesuatu yaitu: adanya perhatian yang besar, memiliki harapan yang tinggi, berorientasi pada keberhasilan, mempunyai kebangggaan, kesediaan untuk berusaha dan mempunyai pertimbangan yang positif. Pendapat tersebut tidak jauh berbeda dengan pendapat Slameto dalam (TomiDarmawan,2007) yang menyatakan “bahwa minat adalah rasa suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh, minat pada hakekatnya adalah penerimaan hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar dirinya, semakin kuat atau semakin dekat hubungan tersebut maka semakin besar minatnya”.

Suyanto (1969:9) memandang minat sebagai pemusatan perhatian yang tidak sengaja yag terlahir dengan penuh kemauan dan tergantung dari bakat dan lingkungan. Utami dan Fauzan dalam (Tomi Darmawan,2007) memandang minat sebagai kecenderungan yang relatif menetap sebagai bagian diri seseorang, untuk tertarik dan menekuni bidang-bidang tertentu. Winkel (1987:105) menyatakan “bahwa minat merupakan suatu kecenderungan subjek yang menetap untuk merasa tertarik pada bidang studi tertentu dan merasa senang untuk mempelajari materi itu”. Dari berbagai pendapat tersebut dapat ditemukan adanya beberapa unsur pokok dalam pengertian minat, yaitu adanya perhatian, daya dorong tiap-tiap individu dan kesenangan.

Kesimpulan dari beberapa definisi di atas tentang minat, bahwa minat merupakan suatu perhatian khusus terhadap suatu hal tertentu yang tercipta dengan penuh kemauan dan tergantung dari bakat dan lingkungannya. Minat dapat dikatakan sebagai dorongan kuat bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya.

Currently have 26 komentar:

  1. Husni says:

    Trimakasih Artikelnya sgt membntu saya nyusun skripsi,tp saya butuh judul buku2 yg dijadikan reverensi tentang minat,motivasi dan prilaku.tolong kirimkan ke email saya ya di zaim.imutz@gmail.com. Trimakasih, salam.
    Husni

  1. ksatria says:

    terima kasih artikelnya..ikut baca boleh ya.

    keep blogging!

  1. rahmi says:

    makasih ya, membantu bwt skripsi saya,
    tapi sama saya juga butuh judul2 bukunya tentang minat, tolong kirim juga ke sini ya, aqila_mom@yahoo.com
    makasih......

  1. Anonim says:

    informasi tentang bukunya bisa diberi tahu?
    saya sangat butuh..
    terima kasih.

  1. Anonim says:

    bisa beri tahun informasi tentang bukunya?
    saya sangat membutuhkannya sekarang.
    terima kasih banyak

  1. Artikelnya sgt membntu saya nyusun PTS,kalau saya membutuhkan judul buku2 yg dijadikan reverensi tentang minat tersebut.tolong kirimkan ke email saya bamb.pur@gmail.com
    Trimakasih, salam.
    Bambang P

  1. Anonim says:

    saya butuh buku2 tentang minat..
    kirim ke avrenicha_ayoe@yahoo.com
    terima kasih..atas bantuannya

  1. Anonim says:

    saya butuh buku mengenai pengertian minat dan karakteristik minatuntuk skripsi saya.
    mohon bantuannya kirim ke email putripuu@yahoo.com
    terima kasih banyak.

  1. Anonim says:

    gue lagi butuh banyak tulusan tentang minat, buat bahan skripsi. tulis yang lebih banyak tentang minat dong...

  1. Anonim says:

    saya butuh judul-judul buku tentang minat dong buat KTI saya nie,,,,
    kirim ke email saya nge_cute24@yahoo.com

  1. Anonim says:

    saya boleh minta tolong info judul2 buku tentang minat ga?
    tlg di email ke toocute2b_urs18@yahoo.com
    please.. thx b4

  1. dyt says:

    trimakasih, artikelnya sangat membantu, boleh tolong kirimkan judul-judul buku yang dijadikan reverensinya. ke email : dytkrm@gmail.com

  1. adi setiawan says:

    daftar pustakanya ap aj y?

  1. Anonim says:

    mas, artikelnya sangat bagus. bermanfaat sekali buat skripsi saya. tp sya ble mnt tolong ega ya mas…judul buku dari artikel itu apa aja ya mas? tolong kirim ke email saya inu_taz5@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya…

  1. Anonim says:

    ASSLAKM....
    ARTIKEL NYA BAGUS SEKALI,,APA LAGI SAYA JUGA SANGAT MEMBUTUHKAN REFERENSI TENTANG MINAT.
    SAYA MAU MINTA TOLONG DI KIRIMKAN JUDUL BUKU BUKU YANG DI JADI REFERENSI PADA TULISAN DI ATAS,,KARNA MAU SAYA BELI BUKUNYA....MOHON DI BALAS ATAU DIKIRIMKAN YA DI EMAIL hairul_anwar88@yahoo.com

  1. Anonim says:

    Artikelnya bagus..
    Tapi saya sangat butuh daftar pustakanya untuk keperluan skripsi saya. terutama definisi/ pengertian peminat khususnya. tolong kirim di email: britpop_area@ymail.com
    thanks sebelumnya :)

  1. Anonim says:

    saya butuh daftar pustakanya. Tlong kirim ke email saya ya!
    jeff_jaya@rocketmail.com
    thnks so much.

  1. mira eryatama says:

    k blh mnt daftar pustakanya cii....smbrny dr mna...ni almt email ku: mimilolipop@yahoo.com...tlg bgt yaaaaa dbri tahu

  1. Anonim says:

    thankz info'na..sangat membantu,

  1. Anonim says:

    tulisan yang baik menggunakan referensi

  1. artikel dalam blog ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah. thanks gan

  1. Anonim says:

    tolong minta daftar pustakanya kirim ke zhueta_sht@yahoo.com

  1. Anonim says:

    saya sangat butuh daftar pustakanya, bisa minta tolong dikirim ke email: indrapadang2000@gmail.com

  1. Anonim says:

    Terimakasih artikelnya, sangat membantu sekali.. tapi mohon maaf, saya sedang sangat membutuhkan buku2 mengenai minat, terutama untuk indikator minatnya, tolong infonya ya..
    mohon dikirimkan ke maikkenamgil1792@gmail.com

    terimakasih ^^

  1. Anonim says:

    Terimakasih ilmunya..
    saya butuh referensi mengenai bab minat
    mohon bantuannya..tolong kirim ke linatul@yahoo.co.id
    Thanks

  1. Unknown says:

    assalamualaikum, boleh tau daftar pustakanya kak? saya juga membutuhkannya untuk bahan skripsi. mohon bantuannya ya kak untuk dikirim ke email saya rahmaintan11@yahoo.co.id
    makasih banyak kak, barakallah
    wassalamualaikum

Leave a Reply

Posting Komentar

Connecti.Biz FreeHostID.com MyWebInstant.com UsahaWeb.com Zoombase.com http://www.usahaweb.com/idevaffiliate.php?id=6886
DirectoryVault.com
Loading