Pembagian Minat
Ditinjau dari asal mulanya, minat seseorang dapat dibedakan menjadi dua golongan, menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan dalam (Tomi Darmawan, 2007), yaitu:
a. Minat bawaan
Adalah minat yang muncul dengan sendirinya tanpa dipengaruhi oleh faktor lain, baik itu faktor lingkungan maupun kebutuhan. Minat ini biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan atau bakat alamiah.
b. Minat yang muncul karena pengaruh dari luar
Minat seseorang ini dapat berubah karena pengaruh dari luar individu, seperti lingkungan dan kebutuhan. Minat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan, dorongan orang tua, dan kebiasaan.
H.C Witherington dalam (Buchori,1982:111) membagi minat menjadi dua, yaitu:
a. Minat Primitif
Minat yang timbul dari kebutuhan-kebutuhan jaringan, yang secara langsung dapat langsung memuaskan dorongan untuk mempertahankan organisme
b. Minat Kultural
Minat yang berasal dari perbuatan belajar yang lebih tinggi tarafnya, berkisar tentang kebutuhan akan sesuatu hal yang tidak secara langsung berhubungan dengan diri kita, tetapi ada artinya karena ada nilai pembeda
Menurut Cague dalam (Permanik,1991:20), minat dibagi menjadi:
a. Minat Spontan, adalah minat yang tumbuh secara spontan dari dalam diri seseorang tanpa terpengaruh pihak luar
b. Minat Terpola, adalah minat yang timbul sebagai akibat adanya pengaruh dari kegiatan-kegiatan berencana yang terpola, terutama kegiatan belajar mengajar baik dari lembaga sekolah maupun dari luar sekolah
Moh. Surya dalam (Susilaningsih, 1993:18), menyebutkan adanya tiga minat, yaitu:
1) Minat Volunter, yaitu minat yang timbul secara sukarela dan muncul dengan sendiri tanpa adanya pengaruh dari pihak luar
2) Minat Involunter, yaitu minat yang timbul dari diri dengan pengaruh suatu situasi yang diciptakan
3) Minat Non volunter, yaitu minat yang ditimbulkan secara sengaja dipaksakan atau diharuskan.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa minat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu minat yang tumbuh secara alami (pembawaan yang biasanya dipengaruhi faktor keturunan atau bakat alamiah), dan minat yang tumbuh karena proses pembelajaran (bisa berubah karena pengaruh dari lingkungan). Kedua minat tersebut sulit dipisahkan karena saling berperan dan mendukung dalam pembentukan minat individu terhadap sesuatu termasuk mendorong munculnya seseorang dalam pencapaian suatu cita-cita
kalau bisa kirimkan judul bukunya ,terima kasi
kalau bisa kirimkan judul bukunya ,terima kasi